Aplikasi PMP 2019 dan Raport Mutu
Daftar Isi
[Daftar Isi]
- 1 Download dan Instal Aplikasi PMP"
- 2 Proses Pegerjaan PMP
- 3 Isi Kuesioner PMP
- 4 Batas Pengiriman PMP
- 5 Materi Bimtek PMP 2019
- 6 Download Raport Mutu PMP
Aplikasi Majemen Pemetaan Mutu Sekolah terdiri dari 3 aplikasi utama yaitu Aplikasi Pemetaan Mutu Sekolah (e-EDS), Aplikasi Supervisi Mutu (e-Supervisi), dan Aplikasi Peta / Raport Mutu (pmp.dikdasmen.kemdibud.go.id)
- Aplikasi e-EDS dikerjakan di Sekolah.
- Aplikasi e-EDS dilakukan pengwas
- Aplikasi raport mutu dilakukan oleh sistem database (pusat)
Dan berikut ini kami rangkum hal yang harus dikerjakan operator sekolah terkait aplikasi PMP 2019 menurut versi tasADMIN.id
1. Download dan Instal Aplikasi PMP 2019
Aplikasi PMP 2019 dapat di download pada website: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.idAda juga PMP versi android yang bisa di instal lewal playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=io.timkayu.pmp&hl=in
Aplikasi PMP daring / online tidak perlu diinstal namun cukup mengunjungi alamat PMP Daring / Online menggunakan web browser favorid Anda. Untuk linknya saya belum tahu.
2. Proses Pengerjaan PMP
Inti dari pengerjaan PMP adalah mengisi kuesioner Evaluasi Diri Sekolah (EDS) berdasarkan standar nasional pendidikan (SNP). Sekarang ini pemerintah atau dari pihak PMP telah menyiapkan perangkat-perangkat yang pengisian kuesioner langsung bisa dilakukan tanpa laptop operator yang harus online untuk pengisiannya diantaranya:1. PMP Daring
2. PMP Versi Andoid dan IOS
Dikarenakan isian kuesioner yang banyak dan belum tentu semua paham, lebih baik sekolah mengadakan sosialisasi tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner EDS PMP.
3. Yang mengisi kuesioner PMP Sekolah
- Kepala Sekolah
- Guru
- Komite
- Siswa
4. Batas Pengiriman PMP 2019
Saat tulisan ini belum dirilis aplikasi PMP 2019, biasanya aplikasi PMP dikerjaan mulai pertengan bulan Agustus sampai Oktober. RENCANA IMPLEMENTASI 2019 Cut off Nov 20195. Materi Bimtek PMP 2019 FASDA
Berikut kami share materi bimtek PMP 2019 Fasda.RENCANA IMPLEMENTASI 2019
Cut off Nov 2019
Mengantisipasi kualitas pengisian data oleh siswa yang baru masuk tahun ajaran baru
Memperkuat validitas data dengan akhir tahun focus pada verifikasi dan validasi data
Hasil olahan data dengan skema pelaksanaan tahun 2018 tetap tidak cukup waktu untuk dimanfaatkanpada perencanaan tahun 2019
PERBAIKAN APLIKASI PEMETAAN MUTU TAHUN 2019
PROSEDUR PENGISIAN
2018: Pengisian oleh Pengawas menjadi Syarat Pengiriman
2019: Pengisian oleh Pengawas tidak menjadi Syarat Pengiriman
Dampak: Sekolah dapat mengirim tanpa menunggu isian Pengawas
2018: Kepala Sekolah hanya berperan sebagai responden
2019: Kepala Sekolah berperan sebagai responden sekaligus Validator (validasi akhir dilakukan dengan menandatangani pakta integritas)
Dampak: Kepala Sekolah bertanggungjawab terhadap kualitas data sekolah
APLIKASI
2018: Offline (download, install, dan kirim)
2019: ditambah dengan mekanisme online
Dampak: Sekolah tidak akan mengalami kendala proses kirim
KONEKTIFITAS APLIKASI DAPODIK DAN PEMETAAN MUTU
2018: menarik data user aplikasi dan responden kepala sekolah, guru, dan siswa
2019:terputus, data user dan responden diambil melalui proses download prefill di web Dapodik dan PMP
Dampak: Sekolah tidak akan mengalami masalah akibat update aplikasi DAPODIK
PROSES KIRIM
2018: kirim data
2019: Dilakukan dengan Proses Sinkronisasi seperti DAPODIK
Dampak: Sekolah dapat mengupdate progress
PENGOLAHAN DATA MUTU
2018: menunggu pengolahan data oleh server pusat
2019: Sekolah akan dapat melihat rapor 5 standar di aplikasi PMP secara langsung.
2019: Rapor 3 standar tergantung pada konektifitas antara Dapodik dengan PMP di pusat (penarikan data dapodik melalui mekanisme download prefill)
Dampak: Sekolah dapat langsung melihat hasil rapor mutu
ISI RAPOR MUTU
2018: Informasi terdiri dari capaian standar, indicator, dan sub Indikator
2019: Rapor akan menampilkan lebih detil data untuk perencanaan (tampilan di Web)
Dampak: Sekolah dapat memanfaatkan secara lebih operasional untuk perencanaan RKAS
PERAIKAN APLIKASI SUPERVISI MUTU 2019
PROSEDUR PENGISIAN
2018: Pengawas sebagai responden sekaligus verval
2019: Pengawas sebagai focus pada fungsi verifikasi dan validasi (pengawas akan menandatangani pakta integritas)
Dampak: Peran Pengawas lebih focus pada memperkuat kualitas data
APLIKASI
2018: Pengisian pengawas di aplikasi sekolah
2019: Mengisi Online; Mengisi melalui aplikasi Sekolah
Dampak: Pengawas dapat mengisi tanpa tergantung dengan operator sekolah
PENCATATAN HASIL SUPERVISI MUTU
2018:-
2019: Pengawas dapat mencatatkan hasil supervisi mutu di sekolah binaan pada aplikasi
Dampak: Pengawas dapat mendokumentasi hasil supervisi sekaligus sebagai rekam jejak sekolah
Silahkan download: Materi Fasda (8 sd 10 Juli 2019):
>>> https://drive.google.com/drive/folders/1ZdD8TUL-0mKzRxGfyPWJGJCE1v2U6M0K
6. Download Raport Mutu PMP
Setelah kuesioner PMP diisi dan di proses maka akan mendapatkan nilai raport PMP. Raport PMP tahun sebelumnya (2010 dapat kita lihat dan download dalam format excel dengan cara:1. Buka alamat
2. Login dengan menuunakan uername dan password dapodik, dan verifikasi login bukan robot dengan menjawab pertanyaan sederhana. Disini adalah pertanyaan perhitungan.
3. Setelah berhasil login, pada isian sekolah/pilih sekolah masukan Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN).
4. Tunggu beberapa saat hingga nama sekolah muncul, dan klik pada nama sekolah
5. Akan tampil raport PMP Tahun 2018, 2017, 2016, silahkan pilih. Selanjutnya bisa kita download kedalam format excel.
Penutup
Aplikasi PMP merupakan aplikasi canggih, dan saya yakin dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengembangkanya. Namun yang paling penting bagaimana kualitas data yang dietrykan.Untuk sementara hanya ini yang bisa kami share, dan akan kami update melalui postingan ini. Semoga bermanfaat
Sumber:
Materi Bimtek Fasda PMP dan Pengalaman Pribadi