Belajar Dari Rumah PJJ dengan LMS Moodle

Daftar Isi
Belum lama ini pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan mengeluarkan Surat Edaran Sesjen Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Melaui postingan ini saya akan share bahwa LMS moodle dapat digunakan sekolah maupun guru untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Karena LMS moodle ini juga telah dicantumkan dalam SE Sesjen tentunya ada semacam dasar resmi yang dapat dijadikan pedoman oleh sekolah. 
Pembelajaran Jarak Jauh PJJ menggunakan moodle


A. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring.

Dalam persejen itu isinya diantarannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring dari rumah bisa dengan menggunakan LMS Moodle. Dan berikut ini kutipan dari pesejen pada halaman 10 yang kami maksud.

Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring

Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya.

Proses pembelajaran daring terdiri atas:
a. tatap muka Virtual melalui video conference, teleconference, dan/atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.

b. Learning Management System (LMS). LMS merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi. Aktivitas pembelajaran dalam LMS antara lain pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian. Contoh LMS antara lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.


B. Langkah - Lankgah Pelaksaan PJJ Daring Untuk Guru


Agar pelaksaan Belajar Dari Rumah atau PJJ dapat berjalan degan lancar sesuai harapakan alangkah baiknya kita pahami panduan yang telah di buatkan pemerintah melalui pesejen ini.

Pra Pembelajaran

1. Siapkan nomor telepon orang tua/wali peserta didik atau peserta didik dan buat grup WhatsApp (atau aplikasi komunikasi lainnya) sebagai media interaksi dan komunikasi.
2. Diskusikan dengan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik:
a. ketersediaan gawai/laptop/ komputer dan akses internet;
b. aplikasi media pembelajaran daring yang akan digunakan;
c. cara penggunaan aplikasi daring;
d. Materi dan jadwal pembelajaran daring

3. Buat RPP yang sesuai dengan kondisi dan akses pembelajaran daring
4. Memastikan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik mendukung proses pembelajaran daring.

Saat pembelajaran menggunakan tatap muka virtual


  1. Periksa kehadiran peserta didik dan pastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
  2. Mengajak peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.
  3. Penyampaian materi sesuai dengan metode yang digunakan.
  4. Selalu berikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya, mengemukakan pendapat, dan/atau melakukan refleksi.


Saat pembelajaran menggunakan LMS


  1. Komunikasi dengan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik terkait penugasanbelajar.
  2. Berkomunikasi dengan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik memastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran dan mengakses LMS.
  3. Memantau aktivitas peserta didik dalam LMS.
  4. Membuka layanan konsultasi bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.


Usai Pembelajaran menggunakan LMS


  1. Setiap peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauanbelajar harian.
  2. Mengingatkan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik untuk mengumpulkan foto lembaraktivitas dan penugasan.
  3. Memberikan umpan balik terhadap hasil karya/tugas peserta didik/lembar refleksi pengalaman belajar



C. Langkah - Lankgah Pelaksaan PJJ Daring Untuk Siswa

Pembelajaran daring oleh peserta didik Waktu PJJ daring sepanjang hari, menyesuaikan waktu dan kondisi orang tua/wali peserta didik atau peserta didik dan kesepakatan dengan guru atau satuan pendidikan

Pra Pembelajaran


  1. Siapkan perangkat pembelajaran daring baik gawai pintar maupun laptop, pastikan kuota internet dan baterai cukup.
  2. Pastikan memiliki nomor telepon guru dan masuk ke dalam grup daring yang telah dibuat, di bawah pengawasan orang tua/wali peserta didik.
  3. Pelajari cara kerja aplikasi dan aturan komunikasinya.
  4. Siapkan tempat di rumah yang cukup nyaman untuk belajar, alat tulis, catatan, dan buku pegangan.
  5. Buatlah target belajar hari itu


Saat pembelajaran tatap muka virtual


  1. Sampaikan diri siap mengikuti pembelajaran dengan tatap muka virtual dengan menuliskannama atau pastikan terlihat di video (jika memungkinkan).
  2. Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.
  3. Menuliskan dan menyampaikan refleksi diri atas situasi yang terjadi.
  4. Pahami jadwal pembelajaran serta tujuan pembelajaran.
  5. Ikuti instruksi dan materi pembelajaran.
  6. Aktif dalam diskusi dengan guru.
  7. Selesaikan tugas dari guru, ajak diskusi orang tua/wali.
  8. Ambil kesimpulan pembelajaran.


Saat Pembelajaran Menggunakan LMS


  1. Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.
  2. Pahami jadwal pembelajaran serta tujuan pembelajaran.
  3. Selesaikan semua aktivitas dalam LMS sesuai dengan jadwal(penguasaan materi, tugas, penilaian).
  4. Berkonsultasi dengan guru, dan orang tua/wali dalam menyelesaikan aktivitas dalamLMS.
  5. Sampaikan progres penyelsaian aktivitas dalam LMS kepada guru dan orang tua/wali.
  6. Ambil kesimpulan pembelajaran hari ini.


Usai Pembelajaran


  1. Isi lembar pemantauan pembelajaran (jika ada).
  2. Kumpulkan tugas hari ini (jika ada).
  3. Kumpulkan dokumentasi (foto) pembelajaran hari ini.
  4. Sampaikan ke guru atau orang tua/wali jika ada kesulitan mengakses pembelajarandaring hari ini.
  5. Tuliskan rencana kegiatan setelah jam belajar.


D. Langkah-langkah pelaksanaan PJJ Daring  Orang Tua/Wali Peserta Didik

Pendampingan pembelajaran daring, waktu pembelajaran sesuai dengan kesepakatan dengan guru dan peserta didik. Berikut langkah pendampingan belajar daring terhadap peserta didik.

Pra pembelajaran


  1. Orang tua/wali peserta didik harus memiliki nomor telepon guru dan bergabung ke dalam group komunikasi satuan pendidikan jika ada
  2. Orang tua/wali mendiskusikan rencana pembelajaran yang inklusif bersama guru sesuai kondisipeserta didik,
  3. Orang tua/wali menyiapkan perangkat pembelajaran daring
  4. Orang tua/ wali peserta didik memastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran daring


Saat pembelajaran tatap muka virtual


  1. Orang tua/wali peserta didik mendampingi dan memantau proses pembelajaran daring
  2. Orang tua/wali mendorong peserta didik agar aktif selama proses pembelajaran
  3. Membantu anak secara teknis dalam mengoperasikan aplikasi dan teknologi


Saat pembelajaran menggunakan LMS


  1. Orang tua /wali peserta didik berkoordinasi dengan guru untuk penugasan belajar
  2. Orang tua/wali mendampingi dan memantau aktivitas  anaknya dalam LMS
  3. Membantu anak secara teknis dalam mengoperasikan aplikasi dan teknologi


Usai pembelajaran


  1. Orang tua/wali peserta didik memastikan peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian
  2. Orang tua/wali peserta didik mengumpulka n foto lembar aktivitas dan penugasan setiap hari
  3. Orang tua/ wali secara aktif berdiskusi dengan guru terkait tantangan dan kendala yang dihadapi selama proses pembelajarandaring


E. Memilih Menggunakan LMS Moodle

Telah disebutkan dalam SE Sesejen bahwa ada banyak LMS yang bisa kita gunakan, namun menurut saya LMS Moodle adalah pilihan yang bagus.

Moodle adalah LMS yang bersifat open source alias gratis. Moodle adalah sebuah platform pembelajaran yang dirancang untuk menyediakan pendidik, tenaga administrasi dan siswa dengan satu sistem yang kuat, aman dan terintegrasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang dipersonalisasi. Moodle Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak manajemen pembelajaran sumber terbuka yang fleksibel (LMS).

Pada postingan ini kami tidak membahas secara khusus teknis penggunaan moodle, silahkan baca postingan sebelumnya tentang: Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK Moodle Itu Mudah


Demikianlah yang bisa saya tulis dan share mengenai Belajar Dari Rumah (BDR), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring bisa dengan menggunakan LMS Moodle. Jika ada yang ada koreksi dan saran dipersilahkan, terima kasih semoga bermanfaat


Sumber Referensi:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar