CONTOH BERKAS DOKUMEN ADMINISTRASI ANBK
Administrasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) harus dibuat oleh sekolah agar pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Ilustrasi Administrasi ANBK |
Asesmen Nasional (AN) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh semua sekolah untuk mengetahui potret pendidikan di Indonesia.
Walaupun Asesmen Nasional (AN) tidak mempengaruhi nilai siswa ataupun kelulusan, kelengkapan administrasi tetap harus diperhatikan karena dapat menjadi dokumen bukti fisik kegiatan.
Dokumen administrasi menjadi bahan laporan untuk pemangku kepentingan, dan biasanya setiap kegiatan dalam hal ini ANBK akan dilakukuan kunjungan monitoring oleh Bapak/Ibu Pengawas Sekolah.
Dokumen administrasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) juga menjadi acuan bagi Panitia Kegiatan dalam menajankan tugas sesuai pembagian masing-masing.
ANBK masih pertama dilakukan untuk tahun 2021 ini sehingga sekolah belum memiliki arsip Administrasi ANBK.
Untuk itu berikut ini beberapa contoh berkas dokumen Administrasi ANBK yang saya ambil referensi dari beberapa yang sudah dibagikan di Internet.
Daftar Berkas Dokumen Administrasi ANBK
1. Prosedur Operasional Standar (POS) ANBK Kemendikbudritek
Dokumen ini diterbitkan oleh Bandan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Kemendikbudristek. [ Download POS ANBK ]
2. POS ANBK Sekolah
Dokumen ini seperti POS ANBK yang diterbitkan Kemendikburistek, namun dibuat oleh sekolah,
beberapa telah dirangkum point pentingnya untuk sekolah tersebut. Ada juga
yang mengistilahkannya dengan Program Kerja ANBK
[
Download
]
3. SK Panitia Asesmen Nasional
SK ini merupakan SK yang dibuat oleh kepala sekolah untuk pembagian tugas guru dalam pelaksanaan ANBK. [ Download ]
4. SK Pengawas ANBK
SK ini berisi menugaskan guru ebagai Pengawas dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) [ Download ]
5. SK Teknisi ANBK
Apabila sekolah memiliki siswa yang banyak dan melaksanakan ANBK secara semi offline pada beberapa Lab Kamputer maka perlu menugaskan seseoran sebagai Teknisi AN
6. SK Proktor ANBK
Dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer perlu adanya seorang Protor yang bertugas mencetak kartu login dan merilis token. [ Download ]
7. Pakta Integritas ANBK
Kepala sekolah perlu membuat pakta integritas ANBK sebagai bentuk kesanggupann meningkatkan kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer untuk peningkatan mutu pendidikan. Pakta Integritas dibubuhi Meterai 10.000,- [ Download ]
8. Daftar Peserta ANBK
Daftar Peserta ANBK dapat dilihat di login web manajemen ANBK
9. Daftar Hasir Peserta ANBK
Anda tidak perlu membuat daftar hadir Peserta ANBK Karenena sudah tersedia di Web Manajemen ANBK
10. Berita Acara Pelaksanaan ANBK
Bertia Acara juga terseida di Web Manjemen ANBK , jadi Anda tidak perlu repot capek-capek membuatnya.
11. Anggaran Kegiatan ANBK
Kegiatan ANBK dapat dibiayai atau dianggarakan menggunakan Dana BOS [ Lihat Rincian ] [ Download Contoh ]
12. Daftar Hadir Pengawas, dan Proktor ANBK
Perlu juga untuk membuat daftar Hadir Pengawas dan Proktor ANBK [ Download ]
13. Tata Tertib Peserta, Proktor, dan Pengawas ANBK
Agar pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan tentu saja perlu membuat Tata Tertib. [ Lihat ]
14. Denah Lokasi ANBK
Perlunya membuat Denah Ruang ANBK, agar ketika tamu atau pengawas datang dapat mengetahui letak lokasi.
Administrasi ANBK juga ditempel di papan pengumunan sekolah.
15. SOP Protokol Kesehatan
ANBK pada tahun 2021 masih dalam kehati-hatian untuk mencegah dan memutus mata rantai virus pandemi covid. Untuk itu perlu memperhatikan protokol kesehatan [ Lihat ]
16. ID CARD PENGAWAS ANBK
Dalam sebuah kegiatan ID Card merupakan hal yang cukup penting. Berikut ini ID Card Pengawas, Proktor, dan Teknisi ANBK tinggal gunakan. ID Card ANBK ini saya buat mengunakan Twibbon, jadi Anda tinggal pasang fotonya saja. Untuk print bisa lewat microsoft word
ID CARD ANBK
- https://twb.nz/id-proktor-anbk
- https://twb.nz/id-pengawas-anbk
- https://twb.nz/id-teknisi-anbk
- https://twb.nz/id-responden-anbk
- https://twb.nz/id-proktor-anbk-kemenag
- https://twb.nz/id-pengawas-anbk-kemenag
- https://twb.nz/id-teknisi-anbk-kemenag
- https://twb.nz/id-responden-anbk-kemenag
Bila anda memerlukan bahan twibbonya bisa di [ download di sini ]
Lihat cara edit ID Card: Cara Mudah Membuat Twibbon Pakai PowerPoint
Demikianlah yang bisa saya posting terkait beberapa Contoh Berkas Dokumen Administrasi ANBK.
Bila mana ada yang kurang pas atau ada link yang error bisa disampaikan melalui kotak komentar.
File dokumen administrasi ANBK ini memang terpisah-pisah, agar rapi dan mudah dicari silahkan simpan dalam satu folder. Lihat : Manfaat Manajemen File dan Folder Serta Caranya
Bagi teman-teman tenaga administrasi sekolah yang terbiasa mengotak-atik excel biasanya akan menjadikan satu format administrasi ANBK ke dalam excel sehingga menjadi semacam aplikasi.
Namun karena Adminisrasi ANBK ini masih bisa dikatakan baru, nampaknya belum ada yang membuat Aplikasi Administrasi ANBK.
Sekian, Semoga bermanfaat.
Sumber Referensi:
https://www.mr-ell.com/kumpulan-dokumen-administrasi-asesmen-nasional-tahun-2021/
https://smkbinakerjapwk.sch.id/program-kerja-anbk-2021/
Posting Komentar
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.