Cara Membuat Nilai Deskripsi Raport Kurikulum Merdeka
Baik, Bapak/Ibu sahabat GTK semuanya...
Semoga dalam kondisi sehat wal afiat...
Kita langsung saja, jika pada postingan sebelumnya tentang cara mengolah nilai raport, kali ini kita belajar bersama-sama cara membuat nilai deskripsinya.
Cara Membuat Deskripsi Raport Kurikulum Merdeka |
Pada postingan sebelumnya juga sudah banyak disinggung bagaimana deskripsi capaian kompetensi diambil dari tujuan pembelajaran. Jadi untuk melanjutkan membaca postingan ini pastikan sudah membaca postingan sebelumnya: 👉 CARA MENGOLAH NILAI RAPORT KURIKULUM MERDEKA
A. Pelaporan Hasil Belajar (Raport)
Pelaporan hasil penilaian atau asesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian.
Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada PAUD, selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.
Satuan pendidikan perlu melaporkan hasil belajar dalam bentuk rapor.
Sebagaimana diuraikan pada prinsip asesmen di atas, laporan hasil belajar hendaknya bersifat sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, satuan pendidikan dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran.
Pada PAUD, laporan hasil belajar dapat juga ditambahkan informasi tentang tumbuh kembang anak. Dalam format laporan terakhir, selain laporan ketercapaian CP, ada juga informasi tentang tinggi dan berat badan anak, kepemilikan NIK serta refleksi orang tua tentang perkembangan anak.
Rapor peserta didik PAUD minimal meliputi komponen:
- 1. Identitas peserta Didik,
- 2. Nama satuan pendidikan,
- 3. Kelompok usia,
- 4. Semester,
- 5. perkembangan dan pertumbuhan anak,
- 6. Deskripsi perkembangan capaian pembelajaran, dan
- 7. Refleksi orang tua.
Komponen rapor peserta didik SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK atau sederajat minimal memuat informasi mengenai:
- 1. Identitas peserta didik,
- 2. Nama satuan pendidikan,
- 3. Kelas,
- 4. Semester,
- 5. Mata pelajaran,
- 6. Nilai,
- 7. Deskripsi,
- 8. Catatan guru,
- 9. Presensi, dan
- 10. Kegiatan ekstrakurikuler.
Pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK atau sederajat, satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan deskripsi dalam menjelaskan makna nilai yang diperoleh peserta didik.
Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan mekanisme dan format pelaporan hasil belajar kepada orang tua/wali.
Pelaporan hasil belajar disampaikan sekurang-kurangnya pada setiap akhir semester. Di samping itu, satuan pendidikan menyampaikan rapor peserta didik secara berkala melalui e-rapor / dapodik.
Terdapat 3 opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi pada rapor, ketiga opsi tersebut sebagai berikut.
Dalam penyusunan deskripsi capaian kompetensi, Pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah.
Untuk melihat Capaian kompetensi tertinggi ditandai dengan warna hijau dan capaian kompetensi terendah ditantai dengan warna merah.
1) Penysunan deskripsi berdasarkan Capaian Pembelajaran
No. | Mata Pelajaran | Nilai Akhir |
Capaian Kompetensi |
---|---|---|---|
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
- | - |
- | - | - | - |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi) |
80 | Menunjukkan kemampuan dalam - mengidentikasi, berkomunikasi dan mengajukan gagasan, - terkait dengan inovasi teknologi biologi, kompone nekosistem, interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan, - menjelaskan fenomena pemanasan global, - menuliskan reaksi kimia, - perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan. Perlu bimbingan dalam kemampuan merancang solusi, dan mengambil keputusan - serta penguatan dalam menerapkan hukum-hukum dasar kimia. |
- | - | - | - |
Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/MA/Program Paket C)
Pada akhir fase E, peserta didik memliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengidentikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait ...
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Pemahaman Biologi |
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahanpermasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan. |
Pemahaman Fisika |
Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. |
Pemahaman Kimia |
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global;menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia;memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi. |
2) Penyusunan deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran
3) Penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan
Berikut ini adalah contoh penulisan deskripsi padaformat raport kurikulum merdeka
Catatan :
1. Format rapor di atas dapat disesuaikan berdasarkan struktur kurikulum masing-masing jenjang.
2. Deskripsi capaian kompetensi peserta didik berisi informasi tentang kompetensi yang sudah dicapai dan kompetensi yang perlu ditingkatkan. Deskripsi ditulis menggunakan kalimat positif dan memotivasi.
B. Penutup
Itulah tentang bagaimana cara membuat/menyusun nilai deskripsi pada raport kurikulum merdeka yang diberikan 3 pilihan penyusunan yaitu berdasarkan tinggi dan terendah CP, ATP, dan Poin-poin materi.
Dari ketiga opsi/pilihan dasar membuat deskripsi raport nampaknya banyak yang menggunakan gabungan antara opsi 2 dan 3.
Download: APLIKASI RAPORT KURIKULUM MERDEKA SD, SMP, SMA/SMK VERSI EXCEL
Kalau menurut Bapak/Ibu dalam menyusun deskripsi lebih mudah memakai opsi
nomor berapa? tulis di kotak komentar...
Terima kasih...
Sumber: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Revisi 2022
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.