Daftar Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS Kelas IV untuk Deskripsi Raport
Halo sahabat GTK...
Langsung saja pada postingan ini saya akan share daftar Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas IV Kurikulum Merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Data TP ini digunakan untuk mempermudah dalam mengisi aplikasi raport kurikulum merdeka yang masih kosong.
TP IPAS Kelas IV Digunakan untuk Deskripsi Raport |
Data TP IPAS untuk Aplikasi Raport
Pada saat saya memposting ini sebenarnya saya sendiri juga sedang mencari daftar TP IPAS untuk dimasukan kedalam data aplikasi raport.
Sebelumnya saya sudah share tentang bagaimana membuat/menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) yang diambil dari Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.
Idealnya TP dibuat sendiri oleh guru menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Namun hal ini sangat menyita waktu jika harus membuat TP sendiri. TP bisa kita ambil dengan mudah di contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang juga sudah disedakan pemerintah dan bisa di download di Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Namun setelah saya mendwonload ATP dan saya cocokan dengan Buku Teks/Buku Paket IPAS Kelas IV ternyata ada beberapa yang kurang cocok.
Untuk itu cara paling mudah untuk mendapatkan data daftar TP adalah dengan melihat pada Buku yang juga akan sinkron dengan pembelajaran yang dilaksanakan.
Walaupun pada kurikulum merdeka buku teks bukan satu-satunya sumber belajar untuk mencapai Tujuan Pembgelajaran.
CP IPAS Kelas IV SD (Fase B)
Sebelum kita lanjut ke Data Daftar TP IPAS Kelas IV, berikut ini adalah CPnya yaitu fase B.
Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Peserta didik juga membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan panduan tertentu. Peserta didik menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan serta menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.
Peserta didik mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik juga membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah serta mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Peserta didik mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan. Selanjutnya peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis dalam berbagai format.
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari dan mendemonstrasikan bagaimana beragam jenis gaya memengaruhi gerak benda.
Di akhir fase ini peserta didik mampu menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai bagian dari anggota keluarga dan warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.
Peserta didik mengenal budaya, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.
Peserta didik mampu memperoleh/menciptakan sesuatu dengan alat dan bahan yang ada di sekitarnya. Peserta didik mengenali kebutuhan atau keinginannya, nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat yang dibutuhkan.
Hehe panjang banget ya....
Daftar TP IPAS Kelas IV yang diringkas
Untuk daftar TP saya mengambil dari tabel pada halaman 19 Buku Guru Kelas IV Mapel IPAS Kurikulum Merdeka.
Dalam kaitanya aplikasi raport, Bapak/Ibu Guru perlu seerti merangkum TP, ambil point pentingnya saja yang nantinya akan dijadikan Nilai Deskripsi Raport.
Disini saja juga mencoba menambahkan Kode yang saya ambil dari Bab (B) dan Topik (T)
Membuat kode sendiri akan memudahkan saat memasukan di daftar nilai kurikulum merdeka yang kemudian akan diolah di aplikasi raport.
Topik | Tujuan Pembelajaran (TP) | Ringkasan TP /Poin Materi |
Kode BAB: Topik: Urut: |
---|---|---|---|
BAB: 1 Topik A: Bagian Tubuh Tumbuhan |
1. Peserta didik bisa mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dari tumbuhan. 2. Peserta didik memahami fungsi dari masing-masing bagian tubuh tumbuhan. 3. Peserta didik bisa mengaitkan fungsi bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk tumbuh, mempertahankan diri, serta berkembang biak. |
1. mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dari tumbuhan. 2. memahami fungsi dari masing-masing bagian tubuh tumbuhan 3. mengaitkan fungsi bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk tumbuh, mempertahankan diri, serta berkembang biak. |
1. 1A1 2. 1A2 3. 1A3 |
BAB 1 Topik B:Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi |
1. Peserta didik dapat memahami kebutuhan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis. 2. Peserta didik dapat memahami dampak proses fotosintesis dan mengaitkannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di Bumi. 3. Peserta didik dapat mengaitkan proses fotosintesis dengan makhluk hidup lain. |
1. memahami kebutuhan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis. 2. memahami dampak proses fotosintesis dan mengaitkannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di Bumi. 3. mengaitkan proses fotosintesis dengan makhluk hidup lain |
4. 1B1 5. 1B2 6. 1B3 |
BAB 1 Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan |
1. Peserta didik bisa mengidentifikasi bagianbagian bunga dan fungsinya. 2. Peserta didik bisa mendeskripsikan cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga. 3. Peserta didik bisa mendeskripsikan macam-macam cara penyebaran biji. 4. Peserta didik bisa mengaitkan hubungan makhluk hidup lain dan komponen abiotik dalam membantu perkembangbiakan tumbuhan |
1. mengidentifikasi bagianbagian bunga dan fungsinya. 2. mendeskripsikan cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga 3. mendeskripsikan macam-macam cara penyebaran biji. 4. mengaitkan hubungan makhluk hidup lain dan komponen abiotik dalam membantu perkembangbiakan tumbuhan. |
7. 1C1 8. 1C2 9. 1C3 10. 1C4 |
BAB 1 Proyek Pembelajaran |
1. Peserta didik bisa membuat bagan siklus hidup tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan dan praktik. 2. Peserta didik dapat merawat tumbuhan sampai tumbuh dengan baik. 3. Peserta didik mengenal data sebagai sumber informasi dan cara untuk membuktikan sesuatu. |
1. membuat bagan siklus hidup tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan dan praktik. 2. merawattumbuhan sampai tumbuh dengan baik. 3. mengenal data sebagai sumber informasi dan cara untuk membuktikan sesuatu. |
11. 1D1 12. 1D2 13. 1D3 |
BAB 2 Topik A: Zat, Makhluk apa itu? |
1. Peserta didik mengenali materi dan karakteristiknya. 2. Peserta didik mempelajari karakteristik wujud zat/materi. 3. Peserta didik mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjadi. |
1. mengenali materi dan karakteristiknya. 2. karakteristik wujud zat/materi. 3. perubahan wujud zat terjadi. |
14. 2A1 15. 2A2 16. 2A3 |
BAB 2 Topik B: Memangnya wujud materi seperti apa? |
1. Peserta didik mendeskripsikan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas. 2. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah suatu zat yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas. 3. Peserta didik dapat membedakan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas. |
1. mendeskripsikan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas. 2. mengidentifikasi apakah suatu zat yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan zat padat, cair atau gas. 3. membedakan karakteristik wujud zat padat, cair dan gas. |
17. 2B1 18. 2B2 19. 2B3 |
BAB 2 Topik C: Bagaimana Wujud Benda Berubah? |
1. Peserta didik dapat mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi. 2. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana perubahan wujud benda dapat terjadi. |
1. mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi. 2. menjelaskan bagaimana perubahan wujud benda dapat terjadi. |
20. 2C1 21. 2C2 |
BAB 3 Topik A: Pengaruh Gaya di Sekitar Kita |
1. Peserta didik memahami konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda. 2. Peserta didik memahami konsep gaya gesek dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari. |
1. konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda. 2. konsep gaya gesek dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari. |
22. 3A1 23. 3A2 |
BAB 3 Topik B:Magnet, Sebuah Benda yang Ajaib |
1. Peserta didik mengenal gaya magnet dan sifatnya. 2. Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe gaya yang dihasilkan dari benda magnetis. 3. Peserta didik dapat mengetahui manfaat dan penerapan gaya magnet dalam aktivitas seharihari. |
1. mengenal gaya magnet dan sifatnya. 2.mengidentifikasi tipe gaya yang dihasilkan dari benda magnetis. 3. mengetahui manfaat dan penerapan gaya magnet dalam aktivitas seharihari. |
24. 3B1 25. 3B2 |
dst..... |
Untuk lingkup materi daftarnya sebagai berikut:
Bab 1 – Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 1 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Bagian Tubuh Tumbuhan (5 JP)
- Pengajaran Topik B: Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan (7 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 2 – Wujud Zat dan Perubahannya
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengajaran Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu? (4 JP)
- Pengajaran Topik B: Memangnya Wujud Materi Seperti apa? (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Bagaimana Wujud Benda Berubah? (5 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 3 – Gaya di Sekitar Kita
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 3 (2JP)
- Pengajaran Topik A: Pengaruh Gaya terhadap Benda (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Benda yang Elastis (5 JP)
- Pengajaran Topik D : Mengapa Kita tidak Melayang di Udara? (4 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 4 – Mengubah Bentuk Energi
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 4 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Energi yang Tersimpan (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Energi yang Bergerak (6 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 5 – Cerita Tentang Daerahku
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 5 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu? (5 JP)
- Pengajaran Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya (7 JP)
- Pengajaran Topik C: Masyarakat di Daerahku (7 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 6 – Indonesiaku Kaya Budaya
- IInformasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 6 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya (6 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 7 – Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita?
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 7 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Aku dan Kebutuhanku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan (6 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Bab 8 – Membangun Masyarakat yang Beradab
- Informasi Cakupan Konten Materi
- Pengenalan Topik Bab 8 (2 JP)
- Pengajaran Topik A: Norma dan Adat Istiadat di Daerahku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Kini Aku menjadi Lebih Tertib! (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Awas! Kita bisa Dihukum! (7 JP)
- Proyek Belajar
- Panduan Melaksanakan Uji Pemahaman
Download: Buku Guru Kelas IV Kurikulum Merdeka
Penutup
Demikianlah tentang daftar Tujuan Pembelajaran (TP) Mapel IPAS Kelas IV SD untuk dimasukan di data aplikasi raport.
Intinya dalam mendeskripsikan nilai pada raport adalah benar-benar Capaian Kompetensi yang dikuasi Peserta Didik, buka asal deskripsi.
Asal deskripsi ini juga masih banyak dilakukan pada raport kurikulum 2013, karena tidak menyinkronkan aplikasi dengan pemetaan KD.
Pada kurikulum merdeka CP dibagi berdasarkan per Fase bukan per Kelas, jadi harapanya memang TP untuk tiap2 sekolah berbeda mungkin ya? sehingga tidak bisa menyeragamkan aplikasi raport yang sudah terisi TPnya.
Untuk mempermudah Anda dalam meringkas TP, berikut ini adalah file TP Kelas IV yang sudah diringkas Disusun Oleh I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd. ( unduh )
Lanjut: 👉 Data TP Kelas V (Lima) Lengkap Yang Telah Diringkas Untuk Aplikasi Raport
Mohon koreksinya jika ada kekeliruan.
Terima kasih
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.