Rubrik Mulai Berkembang MB, SB, BSH, SAB pada Raport P5

Daftar Isi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Bapak/Ibu Guru dan sahabat GTK Semuanya, khusunya bagi yang lagi belajar bagaimana membuat Raport P5. Semoga dalam keadaan sehat wal afiat.

Seperti yang Bapak/Ibu Guru ketahui bahwa pada Kurikulum Merdeka ada Raport P5 yang perlu dibuat pada akhir tahun pelajaran atau saat kenaikan kelas.

rubrik berkembang raport p5
Rubrik Berkembang MB, SB, BSH, SAB pada Raport P5

Didalam raport P5 Bapak/Ibu Guru akan memberikan nilai capaian dimensi profil pelajar Pancasila menggunakan rubrik Mulai Berkembang (MB), Sedang Berkembang (SB), Berkemang Sesuai Harapan (BSH), atau Sangat Berkembang (SAB).

Nah pada postingan kali ini saya akan mengajak Anda belajar bersama tentang penilaian raport P5 menggunakan rubrik tersebut.

Hal ini menurut saya penting diketahui karena pada Juknis/Panduan sebelumnya menggunakan Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Sangat Berkembang (SB).

Ada baiknya kita gunakan Juknis/Panduan terbaru Buku Panduan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA

Rubrik Alat Asesmen P5

Rubrik merupakan salah satu alat asesmen yang sering dipakai untuk pembelajaran kolaboratif seperti projek profil. Rubrik dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik untuk mengevaluasi kualitas kinerja peserta didik secara konsisten, membangun, dan objektif.


Mengapa menggunakan rubrik dalam projek profil? 

Bagi pendidik. Rubrik yang efektif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pendidik untuk menilai karena sudah ada deskripsi jelas yang menjadi acuan pendidik. Deskripsi ini memastikan konsistensi dan objektivitas dalam menilai sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan keluhan tentang nilai.

Bagi peserta didik. Rubrik yang efektif dapat memberikan peserta didik pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi suatu tugas dan keterkaitan tugas dengan tujuan projek profil. Oleh karena itu, peserta didik dapat berlatih mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri menggunakan rubrik yang ada. Rubrik juga bisa dipakai sebagai acuan pemberian umpan balik.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat rubrik yang efektif untuk projek profil.

Jumlah kriteria dan tingkatan kualitas performa. 3-5 tingkatan kualitas performa dan lebih dari 2 kriteria performa.

Deskripsi yang jelas dan dapat dibedakan antar tingkatan. Memiliki kriteria dan deskripsi rinci akan kualitas performa sesuai dengan tingkatannya, hal yang membuat peserta didik memenuhi kriteria, misalnya “mulai berkembang”, “sedang berkembang”, “berkembang sesuai harapan”, “sangat berkembang” (contoh terlampir).

Deskripsi yang mudah untuk diobservasi. Rubrik dibuat untuk mempermudah penilaian dan menjaga penilaian tetap objektif. Oleh karena itu, penjelasan kriteria tidaklah lagi bersifat analitis tetapi deskriptif yang bisa dengan mudah dinilai dari observasi.

Dokumen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam mengembangkan rubrik untuk projek profil, pendidik dapat mengacu kepada naskah akademik Profil Pelajar Pancasila untuk melihat sub-elemen Profil yang bisa dikembangkan melalui projek profil . Rincian alur perkembangan sub dimensi dari Fase A hingga Fase E dapat dipakai sebagai acuan apakah anak sudah mengembangkan keterampilan di subelemen tertentu sesuai fasenya.

Tipe aktivitas. Selain memperhatikan elemen dan sub-elemen projek profil, pembuatan rubrik juga harus memperhatikan tipe aktivitas dan keterampilan yang bisa dikembangkan dari aktivitas tersebut. Misalnya, rubrik untuk poster akan berbeda dengan rubrik menulis esai argumentatif karena mengasah keterampilan yang berbeda.

Libatkan peserta didik dalam merancang rubrik. Ketika mereka berkontribusi membuat kriteria penilaian dengan cara yang bermakna, pembelajaran menjadi semakin efektif karena peserta didik cenderung melihat penilaian sebagai peluang untuk umpan balik dan berkembang karena mereka memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan kegiatan projek profil mereka.

Merancang Rubrik Pencapaian

Contoh matriks kompetensi dari dimensi Berkebinekaan Global, elemen Mengenal dan Menghargai Budaya, sub elemen Mendalami Budaya dan Identitas Budaya.

rubrik sesuai dengan fase

Rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dijadikan sebagai tujuan projek.

Dalam perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dimasukkan ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, rumusan fase sebelumnya dimasukkan ke dalam kategori Mulai dan Sedang Berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang.

Contoh Rubrik Utama Projek Profil Dimensi: Berkebinekaan Global (Fase C)


Mulai
Berkembang
Sedang
Berkembang
Berkembang
Sesuai Harapan
Sangat
Berkembang
Mendalami budaya
dan identitas
budaya
Mengidentifikasi
dan
mendeskripsikan
ide-ide tentang
dirinya dan
beberapa
kelompok di
lingkungan
sekitarnya
Mengidentifikasi
dan
mendeskripsikan
ide-ide tentang
dirinya dan
berbagai macam
kelompok di
lingkungan
sekitarnya, serta
cara orang lain
berperilaku dan
berkomunikasi
dengannya.
Mengidentifikasi
dan
mendeskripsikan
keragaman
budaya di
sekitarnya; serta
menjelaskan
peran budaya dan
Bahasa dalam
membentuk
identitas dirinya.
Memahami
perubahan budaya
seiring waktu dan
sesuai konteks,
baik dalam skala
lokal, regional,
dan nasional.
Menjelaskan
identitas diri yang
terbentuk dari
budaya bangsa.
Mengeksplorasi dan
membandingkan
pengetahuan
budaya,
kepercayaan, serta
praktiknya
Mengidentifikasi
dan
mendeskripsikan
praktik keseharian
diri dan
budayanya
Mengidentifikasi
dan
membandingkan
praktik
keseharian diri
dan budayanya
dengan orang
lain di tempat dan
waktu/era yang
berbeda
Mendeskripsikan
dan
membandingkan
pengetahuan,
kepercayaan,
dan praktik
dari berbagai
kelompok budaya.
Memahami
dinamika budaya
yang mencakup
pemahaman,
kepercayaan, dan
praktik keseharian
dalam konteks
personal dan
sosial.
Menumbuhkan
rasa menghormati
terhadap
keanekaragaman
budaya
Mendeskripsikan
pengalaman dan
pemahaman
hidup bersamasama
dalam
kemajemukan.
Memahami bahwa
kemajemukan
dapat memberikan
kesempatan untuk
mendapatkan
pengalaman dan
pemahaman yang
baru.
Mengidentifikasi
peluang dan
tantangan yang
muncul dari
keragaman
budaya di
Indonesia.
Memahami
pentingnya
melestarikan dan
merayakan tradisi
budaya untuk
mengembangkan
identitas pribadi,
sosial, dan bangsa
Indonesia serta
mulai berupaya
melestarikan
budaya dalam
kehidupan seharihari.


Contoh Rubrik Utama Projek Profil Dimensi: Bernalar Kritis (Fase D)


Mulai
Berkembang
Sedang
Berkembang
Berkembang
Sesuai Harapan
Sangat
Berkembang
Mengajukan
pertanyaan
Mengajukan
pertanyaan untuk
mengidentifikasi
suatu
permasalahan dan
mengkonfirmasi
pemahaman
terhadap suatu
permasalahan
mengenai dirinya
dan lingkungan
sekitarnya.
Mengajukan
pertanyaan untuk
membandingkan
berbagai
informasi dan
untuk menambah
pengetahuannya.
Mengajukan
pertanyaan
untuk klarifikasi
dan interpretasi
informasi, serta
mencari tahu
penyebab dan
konsekuensi dari
informasi tersebut.
Mengajukan
pertanyaan untuk
menganalisis secara
kritis permasalahan
yang kompleks dan
abstrak.
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan
mengolah informasi
dan gagasan
Mengumpulkan,
mengklasifikasikan,
membandingkan
dan memilih
informasi dan
gagasan dari
berbagai sumber.
Mengumpulkan,
mengklasifikasikan,
membandingkan,
dan memilih
informasi dari
berbagai sumber,
serta memperjelas
informasi dengan
bimbingan orang
dewasa.
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi,
dan menganalisis
informasi yang
relevan serta
memprioritaskan
beberapa gagasan
tertentu.
Secara kritis
mengklarifikasi
serta menganalisis
gagasan dan
informasi yang
kompleks dan
abstrak dari
berbagai sumber.
Memprioritaskan
suatu gagasan yang
paling relevan dari
hasil klarifikasi dan
analisis.
Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran dan
prosedurnya
Menjelaskan alasan
yang relevan dalam
penyelesaian
masalah dan
pengambilan
keputusan
Menjelaskan alasan
yang relevan dan
akurat dalam
penyelesaian
masalah dan
pengambilan
keputusan
Menalar dengan
berbagai argumen
dalam mengambil
suatu simpulan atau
keputusan.
Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran yang
digunakannya
dalam menemukan
dan mencari solusi
serta mengambil
keputusan.

Contoh Catatan Proses Rapor P5

Penulisan deskripsi proses peserta didik benarbenar fokus pada hal unik dan istimewa yang layak direfleksikan, misalnya situasi di mana peserta didik mengambil keputusan yang bijak, perkembangan suatu karakter yang sangat nyata dalam kurun waktu tertentu, dsb.
Contoh Catatan Proses p5
Penilaian individual anak berisi capaian sub-elemen profil pelajar Pancasila berdasarkan 4 kriteria: Mulai Berkembang, Sedang Berkembang, Berkembang Sesuai Harapan, dan Sangat Berkembang. Sementara di bagian akhir terdapat deskripsi satu paragraf singkat mengenai pencapaian peserta didik yang menggambarkan proses yang paling berkembang dan proses yang masih perlu mendapat perhatian.

Penutup

Demikianlah yang bisa saya share tentang Rubrik Mulai Berkembang (MB), Sudah Berkembang (SB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Sangat Berkembang (SAB) pada Raport Profil Pelajar Pancasila (P5).

Yang ingin saya garis bawahi adalah tentang perubahan Juknis/Pedoman yang sebelumnya menggunakan Belum Berkembang (BB) berubah menjadi Mulai Berkembang (MB).

Untuk itu perlu di periksa atau di cek lagi aplikasi raport P5 yang Anda gunakan, jika masih menggunakan Belum Berkembang (BB) agar bisa diperbaiki menjadi Mulai Berkembang (MB) dan Sangat Berkembang (SB) ubah menjadi Sangat Berkembang (SAB).

Semoga bermanfaat...
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi: Buku Panduan P5 Revisi Tahun 2022
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar