Rubrik Mulai Berkembang MB, SB, BSH, SAB pada Raport P5
Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Bapak/Ibu Guru dan sahabat GTK Semuanya, khusunya bagi yang lagi belajar bagaimana membuat Raport P5. Semoga dalam keadaan sehat wal afiat.
Seperti yang Bapak/Ibu Guru ketahui bahwa pada Kurikulum Merdeka ada Raport P5 yang perlu dibuat pada akhir tahun pelajaran atau saat kenaikan kelas.
Rubrik Berkembang MB, SB, BSH, SAB pada Raport P5 |
Didalam raport P5 Bapak/Ibu Guru akan memberikan nilai capaian dimensi profil pelajar Pancasila menggunakan rubrik Mulai Berkembang (MB), Sedang Berkembang (SB), Berkemang Sesuai Harapan (BSH), atau Sangat Berkembang (SAB).
Nah pada postingan kali ini saya akan mengajak Anda belajar bersama tentang penilaian raport P5 menggunakan rubrik tersebut.
Hal ini menurut saya penting diketahui karena pada Juknis/Panduan sebelumnya menggunakan Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Sangat Berkembang (SB).
Ada baiknya kita gunakan Juknis/Panduan terbaru Buku Panduan Projek Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD, SD, SMP, SMA
Rubrik Alat Asesmen P5
Rubrik merupakan salah satu alat asesmen yang sering dipakai untuk pembelajaran kolaboratif seperti projek profil. Rubrik dapat dipakai oleh pendidik dan peserta didik untuk mengevaluasi kualitas kinerja peserta didik secara konsisten, membangun, dan objektif.
Mengapa menggunakan rubrik dalam projek profil?
Bagi pendidik. Rubrik yang efektif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pendidik untuk menilai karena sudah ada deskripsi jelas yang menjadi acuan pendidik. Deskripsi ini memastikan konsistensi dan objektivitas dalam menilai sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan keluhan tentang nilai.
Bagi peserta didik. Rubrik yang efektif dapat memberikan peserta didik pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi suatu tugas dan keterkaitan tugas dengan tujuan projek profil. Oleh karena itu, peserta didik dapat berlatih mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri menggunakan rubrik yang ada. Rubrik juga bisa dipakai sebagai acuan pemberian umpan balik.
Yang perlu diperhatikan dalam membuat rubrik yang efektif untuk projek profil.
Jumlah kriteria dan tingkatan kualitas performa. 3-5 tingkatan kualitas performa dan lebih dari 2 kriteria performa.
Deskripsi yang jelas dan dapat dibedakan antar tingkatan. Memiliki kriteria dan deskripsi rinci akan kualitas performa sesuai dengan tingkatannya, hal yang membuat peserta didik memenuhi kriteria, misalnya “mulai berkembang”, “sedang berkembang”, “berkembang sesuai harapan”, “sangat berkembang” (contoh terlampir).
Deskripsi yang mudah untuk diobservasi. Rubrik dibuat untuk mempermudah penilaian dan menjaga penilaian tetap objektif. Oleh karena itu, penjelasan kriteria tidaklah lagi bersifat analitis tetapi deskriptif yang bisa dengan mudah dinilai dari observasi.
Dokumen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam mengembangkan rubrik untuk projek profil, pendidik dapat mengacu kepada naskah akademik Profil Pelajar Pancasila untuk melihat sub-elemen Profil yang bisa dikembangkan melalui projek profil . Rincian alur perkembangan sub dimensi dari Fase A hingga Fase E dapat dipakai sebagai acuan apakah anak sudah mengembangkan keterampilan di subelemen tertentu sesuai fasenya.
Tipe aktivitas. Selain memperhatikan elemen dan sub-elemen projek profil, pembuatan rubrik juga harus memperhatikan tipe aktivitas dan keterampilan yang bisa dikembangkan dari aktivitas tersebut. Misalnya, rubrik untuk poster akan berbeda dengan rubrik menulis esai argumentatif karena mengasah keterampilan yang berbeda.
Libatkan peserta didik dalam merancang rubrik. Ketika mereka berkontribusi membuat kriteria penilaian dengan cara yang bermakna, pembelajaran menjadi semakin efektif karena peserta didik cenderung melihat penilaian sebagai peluang untuk umpan balik dan berkembang karena mereka memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan kegiatan projek profil mereka.
Merancang Rubrik Pencapaian
Contoh matriks kompetensi dari dimensi Berkebinekaan Global, elemen Mengenal dan Menghargai Budaya, sub elemen Mendalami Budaya dan Identitas Budaya.
Rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dijadikan sebagai tujuan projek.
Dalam perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dimasukkan ke dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, rumusan fase sebelumnya dimasukkan ke dalam kategori Mulai dan Sedang Berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang.
Contoh Rubrik Utama Projek Profil Dimensi: Berkebinekaan Global (Fase C)
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
---|---|---|---|---|
Mendalami budaya dan identitas budaya |
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya |
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya. |
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya. |
Memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa. |
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya |
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya |
Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda |
Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya. |
Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial. |
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya |
Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersamasama dalam kemajemukan. |
Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru. |
Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia. |
Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan seharihari. |
Contoh Rubrik Utama Projek Profil Dimensi: Bernalar Kritis (Fase D)
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
---|---|---|---|---|
Mengajukan pertanyaan |
Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya. |
Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya. |
Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut. |
Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak. |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan |
Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber. |
Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa. |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. |
Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya |
Menjelaskan alasan yang relevan dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan |
Menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan |
Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan. |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan. |
Contoh Catatan Proses Rapor P5
Penutup
Yang ingin saya garis bawahi adalah tentang perubahan Juknis/Pedoman yang sebelumnya menggunakan Belum Berkembang (BB) berubah menjadi Mulai Berkembang (MB).
Posting Komentar
2. Semua komentar kami baca, namun tidak semua dapat dibalas harap maklum.
3. Beri tanda centang pada "Beri tahu saya" untuk pemberitahuan jika komentar Anda telah kami balas.